Pernah Dengar Diet Paleo? Baca Informasinya di Sini

Pernah Dengar Diet Paleo? Baca Informasinya di Sini - Alodokter

Diet paleo adalah salah satu metode diet yang mengadopsi pola makan manusia zaman paleolitikum. Itulah sebabnya, diet paleo disebut juga diet manusia gua. Lalu, mengapa pola makan manusia gua dijadikan contoh untuk melakukan diet? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sebelum mengenal cara bercocok tanam, para manusia purba yang tinggal di dalam gua harus mencari dan mengumpulkan bahan makanan untuk bisa bertahan hidup. Bahan makanan tersebut terdiri dari aneka hewan yang diburu, ikan, buah, sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang ditemukan di alam bebas.

Pernah Dengar Diet Paleo? Baca Informasinya di Sini – Alodokter

Nah, diet paleo menitikberatkan pada pilihan makanan yang alami dan organik. Diet ini juga membatasi bahan makanan hasil bercocok tanam dan beternak, seperti produk olahan susu, gula, kentang, garam, dan minyak sawit. Pelaku diet ini pun pantang makan makanan kemasan dan kalengan.

Diet paleo diyakini bermanfaat dalam memperbaiki kesehatan, yaitu membantu menurunkan berat badan, mengurangi jerawat, memperbaiki kualitas tidur, serta menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Jenis Makanan di Dalam Diet Paleo
Pada dasarnya, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi menurut diet paleo adalah makanan yang didapatkan dengan cara berburu, memancing, atau yang ditemukan di alam bebas.

Meski tidak bisa meniru pola makan manusia gua sepenuhnya, ada versi modifikasi diet paleo yang disesuaikan dengan makanan modern. Salah satu yang dijadikan dasar diet ini adalah makanan yang bebas gluten.

Secara umum, ada beberapa kelompok makanan yang memenuhi syarat diet paleo, antara lain:

Sayur-sayuran dan buah-buahan
Umbi-umbian, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang bebas dari pestisida maupun fungisida
Daging rendah lemak, terutama hewan yang diberi pakan rumput atau mencari makanan sendiri
Telur dan ikan yang kaya omega-3, seperti salmon, makarel, dan tuna
Minyak yang berasal dari biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti minyak zaitun dan minyak kedelai
Sementara itu, makanan yang harus dihindari pada diet paleo umumnya adalah makanan yang telah melalui proses pengolahan, misalnya:

Aneka produk susu, termasuk keju, yogurt, dan mentega
Kacang lentil, kacang polong, dan kacang tanah
Produk olahan biji-bijian, seperti oats dan barley
Gula dan garam
Makanan instan, kemasan, atau kalengan
Selain tentang makanan, mereka yang melakukan diet paleo juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman selain air putih. Namun, ada juga diet paleo yang membolehkan konsumsi kopi dan teh, terutama teh hijau organik.

Bahan pemanis, seperti madu, sirup mapel, dan agave, pun masih boleh dikonsumsi, walaupun dalam jumlah terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *